Sabtu, 23 Mei 2015

Pembagian Halaman Buku Tahunan Sekolah

Sebelum membuat buku tahunan sekolah, temen-temen perlu menentukan spesifikasi yang akan digunakan untuk buku tahunan sekolah temen-temen. Spesifikasi yang perlu ditentukan adalah jumlah halaman, besar buku, dan jumlah pemesanan. Menentukan jumlah halaman memerlukan perhitungan tertentu.

Sebelum menentukan jumlah halaman, ada baiknya kamu menghitung jumlah halaman yang kamu perlukan terlebih dahulu supaya halamannya tidak kurang dan tidak lebih. Apa aja sih yang perlu dimasukin ke buku tahunan sekolah dan bagaimana pembagian halamannya?

Yang pasti, kamu perlu banget masukin foto kelompok seangkatan kamu. Jumlah yang diperlukan untuk ini bisa dihitung dari jumlah anak per kelompok. Misal per kelompok berisi 5 orang, se angkatan kamu ada 240 anak, maka jumlah halaman yang dibutuhkan pada buku tahunan sekolah adalah 240 dibagi 5 yaitu 48 halaman. Setelah itu, kamu juga masukkan hal-hal yang berhubungan dengan sekolah, misal foto sekolah, visi-misi, hymne, sambutan kepala sekolah, dan foto seluruh guru dan karyawan. Jumlah halaman yang digunakan untuk sekolah kurang lebih 10 halaman.

Selain tentang sekolah, kamu juga ingin memasukkan foto ekstrakurikuler yang dimiliki sekolah kamu ke dalam buku tahunan sekolah. Kamu bisa alokasikan 3 halaman untuk ekstrakurikuler. Kamu juga bisa masukkan OSIS dan MPK angkatan kamu sejumlah 1 halaman. Beberapa hal yang bisa kamu masukkan lainnya adalah kegiatan yang pernah angkatan kamu buat, snapshot, dan behind the scene foto buku tahunan sekolah kamu. Total jumlah halaman untuk ketiga hal tersebut bisa mencapai 6 halaman.

Jangan lupa juga kasih penghargaan untuk temen-temen panitia dengan memberikan space khusus untuk mereka. Kamu bisa berikan 1 halaman untuk sambutan ketua panitia buku tahunan sekolah dan 1 halaman untuk foto seluruh temen-temen panitia.

Kalau dari contoh ini, dengan jumlah siswa 240, kamu membutuhkan sekitar 70 halaman di buku tahunan sekolah kamu. Tapi itu masih hitungan kasar sih. Kalau kamu mau hitungan pasti, jangan lupa diskusikan dulu dengan tim Abankirenk. Abankirenk akan membantu kamu memberikan saran spesifikasi buku tahunan sekolah kamu. Kalau kamu ingin menghubungi Abankirenk, kamu bisa menghubungi melalui (0274) 4539586 / 089627133821 / 085743942222 atau bisa juga melalui email ke abankirenk.creative@yahoo.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar