Selasa, 19 Mei 2015

Jangka Waktu Pembuatan Buku Tahunan Sekolah

Buku tahunan sekolah memiliki proses yang panjang dalam pembuatannya. Walaupun kamu tidak sangat terburu-buru untuk memiliki buku tahunan sekolah, tapi tentu harus ada perencanaan kapan kamu harus membuat dan menerima buku tahunan sekolah. Tapi sebelumnya, emang berapa lama sih jangka waktu sampai kamu bisa menerima buku tahunan sekolah kamu?

Proses pembuatan buku tahunan sekolah memiliki 3 tahapan besar, yaitu foto, desain, dan cetak. Masing-masing proses memiliki durasi waktunya. Untuk proses foto, biasanya memerlukan 7-14 hari. Tapi, itu hanya waktu untuk foto saja. Sedangkan kamu perlu menyiapkan tema yang akan digunakan untuk foto buku tahunan sekolah, perlu peninjauan lokasi jika dilaksanakan di luar sekolah, dan kamu juga perlu menunggu jadwal kapan temen-temen kamu bisa serta fotografer tersebut kosong. Selain itu, foto nggak selalu dilakukan berturut-turut, bisa jadi seminggu hanya 3 kali. Sehingga proses foto ini bisa memakan waktu 1-2 bulan.

Proses kedua yaitu desain. Pada proses desain, waktu yang diperlukan 1-2 bulan, tergantung tingkat kesulitan dan kepadatan jadwal desainer. Kalo kamu desain di saat sekolah-sekolah lainnya juga desain, waktu yang kamu butuhkan akan lebih lama. Lalu, setelah selesai desain, kamu juga masih ada revisi desain. Revisi desain ini bisa memakan waktu hingga 1 bulan kalau kamu harus mengubah banyak desain. Kalau revisi desain hanya berupa kesalahan penulisan, waktu yang diperlukan akan lebih pendek.

Proses terakhir adalah proses cetak. Proses ini membutuhkan waktu 2-3 bulan, tergantung dari padat tidaknya cetak. Semakin banyak sekolah yang mencetak buku tahunan sekolahnya pada bulan itu, makin lama buku tahunan sekolah kamu jadi.

Nah, kalo dilihat-lihat dari seluruh proses, kamu membutuhkan kurang lebih 8 bulan untuk mendapatkan buku tahunan sekolah kamu. Tapi, kalau kamu mau lebih jelas dan detail mengenai pembuatan buku tahunan sekolah, kamu bisa tanyakan langsung ke pembuat buku tahunan sekolah, Abankirenk. Kamu bisa menanyakan melalui (0274) 4539586 / 089627133821 / 085743942222 atau bisa juga melalui email ke abankirenk.creative@yahoo.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar